Selasa, 25 Agustus 2015

Kue Semprong/ Gapit Khas Bumirejo

Berikut adalah hasil wawancara dan berbagi cerita dengan pengusaha kue Japit:
 Nama               : siswati
Umur               : 56 tahun
Pekerjaan         : Pembuat kue japit
Alamat                        :  Rt 02/Rw 01
Ibu siswanti adalah pengusaha kue japit dengan cara pesanan. Maksudnya adalah ia membuat kue japit hanya jika ada pesanan. Hampir 20 tanun ibu siswanti menggeluti usaha ini, kata ibu siswati bahan dasar pembuatan dari dulu hingga sekarang tidak ada yang berubah. Semuanya murni bahan alami tanpa pengawet buatan, karena jika menggunakan pengawet kue tidak akan jadi. Jenis kue japit yang dibuat ibu siswati adalah kue japit yang  berbentuk persegi panjang. Jenis ini terbilang nomer dua setelah japit serena. Satu bungkus kue japit ini di hargai 25ribu.


 Nama               : Darmini
Umur               : 37 tahun
Pekerjaan         : Pembuat kue japit
Alamat                        :  Rt 02/Rw 01
Ibu Darmini salah seorang pemilik pabrik pembuatan kue japit yang cukup besar. Pabriknya bernama pabrik Bintang.Jenis kue japit yang dibuat adalah kue japit biasa.satu bungkus kue japit dihargai 7 ribu. Ia mulai berjualan ketika umur 25 tahun. Awalnya ia seoarang pembuat kue japit biasa, hingga pada awal tahun 2010 ia baru membutuhkan bantuan pegawai. Lika liku perjuangan ibu darmini sangat panjang, molai dari saingan pasar hingga kendala kurangnya modal. Kendala lain adalah makin mahalnya bahan dasar seperti telur, tepung, gula dll. Bahan baku semakin mahal namun harga jual tidak ikut naik. Sehingga untungnya sangat tipis. Biasanya cara mengakalinya adalah dengan mengurangi jumlah kue dalam satu  bungkus. Jatuh bangun dilalui oleh ibu darmini hingga akhirnya mencapai pencapaian yang sekarang. Selama menggeluti usaha ini, baru sekitar lima tahu terakhir usaha membuahkan hasil yang kelihatan. Ibu darmini berharap adanya pengembangan alat yang praktis sehingga produksi bisa lebih banyak.

Nama               : Ismi Nurhayati
Umur               : 25 tahun
Pekerjaan         : Pembuat kue japit
Alamat             :  Rt 02/Rw 01
Ismi adalah salah satu dari sekian generasi penerus pengusaha kue japit di Desa Bumirejo. Ia meneruskan usaha ibunya. Pengetahuan dan pengalamannya pun belum cukup banyak. Jenis japit yang dibuat ismi pun tergantung pesanan. Alasan ismi memilih kue japit sebagai mata pencaharian adalah karena meneruskan usaha keluarga. Bahan bahan yang digunakan ismi dalam membuat kue japit pun sama dengan yang lainnya. Cuma dia menambahkan sedikit wijen sebagai penyedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar