Selasa, 25 Agustus 2015

Bahan dan Cara Pembuatan Kue Gapit

kue Japit adalah kue khas yang dibuat oleh masyarakat Bumirejo. Kata japit diambil dari bahasa jawa yang artinya jepit. Sesuai dengan proses pembuatannya yaitu dijepit oleh kedua loyang. Kue japit rasanya manis dan gurih sangat enak dijadikan cemilan. Dari enam RT yang berada di desa Bumirejo RT dua merupakan pusat industri pembuatan kue gapit. Kue ini dibuat berdasarkan resep turun temurun dari nenek moyang. Kebayakan warga hampir tidak tau asal muasal siapa yang pertama kali membuat kue japit. Siswati misalnya, warga Rt 02 yang dari umur 23 tahun hingga umurnya yg sekarang, 56 tahun ketika ditanya siapakah yang pertama kali membuat kue japit hanya menjawan tidak tahu, hanya meneruskan usaha keluarga.
            Hampir semua warga di RT dua memproduksi kue ini. Kue di jual kepasar-pasar atau di titipkan ketoko-toko dalam lingkup kabupaten Pati. Uniknya adalah setiap pengusaha kue mililiki sales sendiri-sendiri jadi mereka tidak mengkhawatirkan pasaran.
Dari segi pembuatannya kue japit terbilang masih sangat tradisional. Dari molai bahan adonannya hingga alat-alat yang digunakan. Cetakan kue menggunakan loyang kemudian dipanggang diatas kompor yang masih menggunakan arang. Proses pemanggangan dilakukan sangat cepat hampir kurang dari satu detik. Kue japit sendiri ada tiga jenisnya, jenis itu dibedakan berdasarkan bentuk dan ukuran bahan pembuatan. Kue japit yang pertama disebut japit serena, japit roll, japit berbentuk lempeng.
Berikut adalah bahan-bahan dasar pembuatan kue japit:
·         Terigu
·         Pati
·         Gula
·         Telor
·         Fanili
·         Mentega
·         Santen
·         Garam
Cara pembuatan :
·         Pertama tama masukkan tepung terigu, pati dan gula, aduk
·         Kemudian masukkan telur dan mentega kocok hingga merata
·         Tambahkan sedikit garam
·         Lalu masukkan fanili dan santan, aduk hingga merata
Adonan langsung dimasak tanpa menunggu lagi.

1. gapit berbentuk lempeng


 2. gapit roll

3. gapit serena



Tidak ada komentar:

Posting Komentar