Sabtu, 22 Agustus 2015

Artikel Kondisi Listrik Desa Bumirejo



Energi listrik adalah energi yang berasal dari muatan listrik yang menyebabkan medan listrik statis atau gerakan elektron dalam konduktor (pengantar listrik) atau ion (positif atau negatif) dalam zat cair atau gas. Energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik atau energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan ampere (A) dan tegangan listrik dengan satuan volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan watt (W) yang dapat mengoperasikan peralatan-peralatan elektronik. Energi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai sumber seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari dan lain-lain.

 Sulit sekali rasanya kita terlepas dari energi listrik ini, mengingat sangat banyak peralatan-peralatan elektronik yang sudah melekat pada diri kita.Energi listrik merupakan salah satu faktor pendukung penting bagi kehidupan manusia karena banyak sekali peralatan yang biasa kita gunakan membutuhkan energi listrik. Ada dua jenis arus listrik yaitu arus listrik searah atau biasa disebut DC dan arus listrik bolak-balik atau biasa disebut AC. Untuk instalasi rumah, kita memakai arus bolak-balik atau AC.

Untuk instalasi rumah tangga, daya pada rumah dibagi menjadi 450 VA, 900 VA, 1300 VA, 2200 VA, 3500-5500 VA dan ˂ 6600 VA. Mayoritas instalasi listrik pada desa bumirejo menggunakan daya sebesar 450 VA karena mayoritas penduduknya masih dikatakan hidup dengan ekonomi yang pas-pasan bahkan ada yang tidak berkecukupan. Untuk konsumsi listrik pada rumah mereka, biasanya mengeluarkan dana kurang lebih Rp 50.000 per bulan. Beberapa dari masyarakat Bumirejo selain menggunakan energi listrik untuk keperluan rumah sehari-hari, ada juga yang menggunakannya untuk keperluan bisnis seperti bengkel kapal.

Untuk kedepannya, diharapkan masyarakat Bumirejo semakin memahami tentang dunia kelistrikan, bukan hanya semerta-merta tentang penggunaan, tetapi bagaimana caranya menggunakan penghematan energi listrik agar memberikan dampak positif pada kehidupan generasi selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar